RSS

Human Personality Test – Is it correct or not? (Test Kepribadian Manusia – Akurat gak yha?)

22 Sep

Haii blog, apa kabar?? Sedihnya blogku gak keurus selama dua tahun terakhir, hiks T.T Hari ini aku mau posting sesuatu nih disini. Kamu keurus lagi kok blog, ehehee~ *ketawa setan*. Jadi, tema tulisan kali ini (berhubung aku udah tiga kali jadi co-fasilitator pengembangan kepribadian) adalah masalah kepribadian *ciyeee~ cicicuittt!*

What-Does-Your-Lipstick-Say-About-You-personality-test-26306688-759-666

Semua orang di muka bumi ini, baik perempuan maupun laki-laki, biasanya seneng banget tuh sama yang namanya RAMALAN! Gak terkecuali aku, mwahahaa~ Ramalan yang paling disenengin orang-orang itu biasanya adalah ramalan kepribadian (betul gak, betul gak? ya khannn~~ abaikan). Baik itu ramalan berdasarkan golongan darah, zodiak, tanggal lahir, maupun analisis logis berdasarkan ilmu psikologi (wedyaaann bahasa ku udah ala-ala gitu).

Senin minggu lalu, tepatnya tgl 15 September 2014 (lengkap banget?) aku beli dua buah buku yang, bisa dibilang, semacam gak penting gitu buat dibeli (mengingat isinya yang gak jelas namun menghibur, namun terlalu mahal buat dibeli). Tapi emang otak lagi sengklek, meskipun udah diniatin buat pake pengeluaran bulanan secukupnya, karena hasrat lebih tinggi daripada pengendalian diri (u,u), jadilah dua buku itu dibeli.

Koleksi Buku-Buku Unyu

Yak! inilah koleksi buku-buku unyu punyaku ^^. Abaikan buku Fantastic Cosmetics-nya, itu buku yang udah dibeli dari tahun 2011 akhir ^^.Dan karena posisi lagi gak pegang uang cash, jadilah nggesek kartu kuning ajaib 😛 *kalo mamah papah sampe tau aku asal main nggesek kartu ATM seenak jidat, bakal kena getok nih kepala ==”*

20140922_114653

Lanjut ke topik utama, masalah kepribadian masing-masing individu. Menurut aku, terlepas dari masalah kepribadian yang terpengaruh oleh golongan darah, zodiak, garis tangan, ataupun tanggal lahir, peran dari orang tua, faktor keturunan, dan pengaruh lingkungan itu juga berperan penting dalam hal pembentukan karakter dan kebiasaan. Contoh, waktu sebelum TK, aku sangat sering menggunakan tangan kiri, seperti ketika mewarnai, karena sepertinya otak kananku memang bekerja lebih banyak dibandingkan kebanyakan orang yang otak kirinya bekerja lebih banyak. Ya, kata mamah dari masih balita aku memang lebih condong ke hal-hal yang berbau seni *asek!* dan aku menurun dari adik laki-laki bungsu mamah yang juga kidal. Namun, ketika aku masuk TK, guruku memaksa untuk menulis dengan tangan kanan, dan alasannya sepele banget, supaya lebih sopan ==”. Alhasil, sampai beranjak dewasa aku gak bisa pake tangan kiri buat nulis =_____=

.2014-09-15-07-26-28

Tapi anehnya, kecuali menulis, hampir semua kegiatan yang melibatkan tangan pasti secara gak sadar aku gunakan tangan kiri, seperti menggunting, memotong, mengupas, mengangkat barang, hingga main badminton, ehehehee~ Karena aku sadar kalo aku sering menggunakan tangan kiri, aku gk pernah mau menggunakan tangan kiriku untuk hal2 yang *ehem* kotor. Mending aku buang banyak air bersih daripada mengotori tangan kiriku yang berharga ini *cuih* *gak Go Green (u,u)*

Kedua ortu selalu ngingatin buat pake tangan kanan. Meskipun boleh pake tangan kiri, mereka selalu mengingatkan untuk membiasakan pake tangan kanan biar terlihat sopan. Yahh, kecuali menggunting *kalo pake tangan kanan selalu mencong2 =__=* , kedua tanganku mahir buat dipake mengupas, memotong, mengangkat barang, dan main badminton *cieee*. Kedua ortu sih udh mahfum lah yha, jadi kalo aku ambl makanan pake kiri mereka biasanya nyante aja. Tapi pernah suatu saat waktu Lebaran, bule (adeknya papah) mukul pelan tanganku gegara aku ngambil makanan gak pake tangan “manis” TT.TT padahal dia tahu kalo aku kidal, ini diskriminasi terhadap orang kidal!! Pernah juga waktu main ke tempat temen yang nuansa Jawa-nya kental banget *padahal bapaknya dia orang Bali* tanganku kena pukul pelan, cuman gegara hal yang sama!! Huaaaa~~

Jadiii~~ singkat cerita *apanya yang singkat?!* tadi siang aku iseng-iseng nih nyoba-nyoba tes kepribadian, aku lebih condong menggunakan otak kanan atau otak kiri, dan hasilnyaaa~~~ eng ing eng~~

brain-crop

Tuhh khan, hasilnya Otak Kanan 54%, Otak Kiri 50%. Well, thanks atas kebijakan kesopanan terhadap tangan kanan, anyway. Jadinya aku bisa menggunakan otak otak kiri hampir setara dengan otak kanan. Yahh meskipun tetep aja persenan-nya lebih gede otak kanan, karena sering digunakan oleh semua alat motorik sebelah kiri, mwahahaa~

Trus, inti dari omongan diatas apaan? Kok hampir gak ada hubungannya sama judul postingan? Yha jelas ada donk (maksa). Aku mau membuktikan kalo kepribadian manusia itu sebenernya gak bisa diukur berdasarkan kencenderungan terhadap golongan darah, zodiak, dan apapun itulah yha. Tapi secara umum, secara garis besar, keterkaitan itu jelas masih ada. Contoh, aku golongan darah A, tapi gak mesti yang dirumuskan oleh beberapa orang tentang orang A kebanyakan itu ada di dalam diriku. Sifat-sifat darah papahku yang A nyampur dengan sifat-sifat darah mamahku yang O menjadikan aku gak sepenuhnya punya sifat-sifat umum A, yah meskipun sebagian besar ada lah yha. Kadang aku malah dibilang AB, bukan A, karena aku, yahh, sedikit unik 😛 (rada absurd maksudnya).

Seperti yang udah aku sebutin diatas, atas, atas tadi *eh*, kalo sifat manusia gak bisa diukur dari apa yang udah ditetapkan berdasarkan suatu paham tertentu. Faktor lingkungan, didikan, dan keturunan itu sebenarnya lebih mendominasi loh dalam hal pembentukan karakter. Makanya tuh nanti kalo udah punya anak dididik yang bener, jangan dibikin sengklek otaknya kaya aku *eh? ngaku sengklek?*. Well, yah, cuman mau mengingatkan aja sih yha. Baca ramalan-ramalan, atau pengelompokan-pengelompokan karakter terhadap suatu paham tertentu itu emang asyik dan nyenengin. Kalo buat sekedar hiburan atau penyemangat sih gapapa yha, tapi jangan lantas dijadiin patokan berkepribadian gitu, kayak waktu aku masih SD dulu yha, pernah tuh baca ramalan zodiak, katanya Libra warna keberuntungannya adalah Ungu, ehh jadi sukaaaa bgt sama ungu sampe SMP. Baru pas SMA mulai dapat warna sesungguhnya yang cocok sama kepribadian, yaitu HITAM. Menurutku Hitam itu kharismatik, misterius, daaannnn…. bikin badan keliatan kurus 😀. Aku beli buku golongan darah diatas itu pun bukan karena apa, tapi seneng aja gitu bacanya. Lucu aja. Jadi hiburan dan penyemangat buat ngadepin bacaan-bacaan tingkat dewa yang biasanya harus dilahap *mahasiswa, ohh mahasiswa~~* Seneng aja gitu jadiin apa yang udah dibaca dari buku-buku diatas buat dijadiin bahan pembicaraan antar temen, atau sekadar sok-sok ramal-ramalan 😛.

Jadi, singkat cerita *lagi*, setiap individu yang ada di dunia ini punya kepribadian yang berbeda-beda antara satu dan yang lainnya. Setiap individu itu adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling unik. Jangan pernah minder sama kelemahan yang ada dan jangan pernah sombong sama apa yang udah dimiliki, karena kita semua ada untuk saling melengkapi. Inget selalu donk kata-kata bijak “Unity in Diversity” ^^. Masing-masing dari kita itu sama dimata Yang di-Atas. Dengan segala kelemahan dan kekurangan yang ada, belajarlah giman caranya saling melengkapi antara yang satu dengan yang lain, jangan cuman ambil seneng-senengnya doank ^^. Belajarlah untuk menerima, baik sifat-sifat/kelebihan dan kekurangan yang ada di diri sendiri maupun yang ada pada orang lain. Kalo emang bisa meningkatkan diri, ya kejar. Tapi asal jangan berlebihan, apalagi sampe bunuh diri karena gak ada progres, wew. Berubah untuk jadi lebih baik, jangan mengimitasi. Why? Because you are unique, and so do I ^^.

Oke dehh, sekian dulu dari aku ^^. Semoga di kesempatan yang akan datang aku bisa lebih bijak *huekk* dan lebih punya kata-kata “berkelas” lainnya. Jadi gak cuman nyampah doang ^^. Aku sih gak masalah sama Silent Reader, karena aku juga sering jadi silent reader 😛 *ngaku*. Tapi alangkah baiknya bagi kalian yang baca postingan ini bisa share pendapat kalian ^^. Bisa curhat gitu, atau keluarin pendapat mengenai tulisan gaje diatas gitu ^^.

Ciao ^^.

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on September 22, 2014 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: